Friday, January 3, 2014

Gas oh Gas.... Tips menghemat gas....

Mungkin saat ini mbak Nadia Hutagalung yang keceh beserta teman-temannya para pelaku raw food diet tersenyum-senyum dengan kelakuan para ibu-ibu dan pengusaha makanan di Indonesia yang njerit-njerit + demo lebay gegara harga Gas Elpiji yang naik sekitar 60% di awal tahun 2014 ini. Secara para pelaku raw food diet ini kan sangat sedikit sekali menggunakan gas elpiji untuk memasak.... so gak ngaruh kali ya mau naik setinggi apapun itu harganya.

Kalo menurut pendapat gue nih ya.... menurut pendapat gue pribadi loh ya.... banyak cara kok untuk mengantisipasi hal-hal yang sepertinya udah setiap tahun kok pasti terjadi.  Sebelum ribut-ribut ada baiknya kita diam dulu sejenak.... merenung.... berfikir.... bermeditasi.... (katanya Adji Silarus :D) mengambil hal-hal positif dari setiap kejadian. Begitu juga dengan kenaikan harga gas elpiji tahun ini yang nantinya secara otomatis akan berimbas terhadap keseluruhan kenaikan harga bahan pokok.... ujung-ujungnya naik gaji juga kan.... hehehehe gak ngaruh juga sih naik gaji-nya wong biaya hidupnya udah naik duluan :D

Ok lah.... kembali lagi kita kepada kenaikan gas elpiji ini.... Banyak sekali tips untuk menghemat gas.... sebenarnya sih bukan hanya gas ya.... menghemat apapun lah itu pokoknya segala hal tentang kebutuhan hidup pokok sehari-hari itu inti-nya dan yang terpenting adalah Ubah Dulu Gaya hidup sehat kita!!!

1. Gak ada salahnya kita coba ikuti gaya hidup raw food diet. Berat mungkin awalnya ya... mulailah dari hal terkecil misalnya.... sarapan dengan segelas jus sehat atau roti tawar isi....  dan mengganti buah-buahan segar untuk camilan.....kan gak perlu banyak pake gas. 

2. Cermat untuk menghitung bahan baru.... misalnya daripada beli ikan/daging yang dimasak/bumbu santen + goreng.... coba deh dibakar dengan anglo atau alat bakar yang gak pake gas.... atau juga bisa sekalian aja beli ikan salmon yang tinggal pan pakai olive/butter + pasta macaroni yang bisa dimasak pake api kecil.

3. Kurangi konsumsi menu hewani..... perbanyak sayuran dan buah segar.... karna menu hewani lebih lama dimasaknya. 

4. Untuk makana dingin/ disimpan dikulkas.... biarkan dulu sampe suhu ruang.... jadi kan gak lama dimasaknya.

5. Perhatikan juga peletakan gas-nya. Sebisa mungkin tangki gas jangan langsung ditaruh di lantai.... sebaiknya dikasih alas, misalnya kayu atau sterofoam agar gas yang sisa tidak mengendap menjadi es/padat. Bisa gas menjadi padat akan membuat gas tidak dapat terbakar secara baik. Dalam lain kata gas akan banyak terbuang karena molekul gas masih sebagian berupa benda padat.

6. Gunakan api kecil, atur besarnya pijar api 1/3 luas bidang permukaan alat masak dan upayakan memasak dalam satu waktu. Maksudnya kalo tau mau masak berbagai macam masakan.... siapkan masakan yang mau dimasak bersamaan lalu gunakan bergantian tanpa harus mematikan gas berkali-kali.

7. Dirawat juga dong tuh kompornya....

8. Cari alternatif energi  pengganti lainnya misalnya dengan gas alam, bio gas dari kotoran hewan/manusia, panel solar (tenaga matahari) dan tehnologi lainnya....

9. Sebisa mungkin kalo mau masak numpang di tetangga.... dan rajin-rajinlah cari makanan gratisan...... uuuupppssss!!!!! jangan ditiru!!!!! wkwkwkwk :D

Mungkin masih ada beberapa cara/tips untuk menghemat gas.... namun intinya adalah bagaimana kita bisa menghemat penggunakan energi apapun dan berfikir ulang untuk mencari cara supaya apa yang kita konsumsi bagi tubuh kita itu adalah makanan sehat. Sehat untuk tubuh, jiwa dan dompet kita tentunya.... salam hidup sehat :D

No comments:

Post a Comment

Wajik Hias Bunga Pandan

Motif baru ya gaess... Untuk pemesanan area Jakarta, silahkan hubungi WA/Call 081315530539