Thursday, September 12, 2013

Prurigo.... oh Prurigo....


Ya.... Saya penderita Prurigo. Apa sih prurigo itu? aneh bener namanya ya.... hehehe. Prurigo merupakan salah satu penyakit kulit. Dimana kondisi kulit penderita sangat sensitif (hipersensitif). Orang awam banyak mengenal-nya dengan penyakit 'darah manis'. Penderita Prurigo mudah sekali mengalami gatal-gatal. Dan rasa gatal itu bahkan sampai 'nyelekit' diseluruh area tubuh. Prurigo biasanya dialami oleh anak-anak dimasa pertumbuhan, namun akan hilang saat mereka dewasa. Namun sebagian ada yang terbawa hingga dewasa. Dan saya termasuk salah satu-nya. Dan yang bikin minder terutama buat perempuan-perempuan seperti saya adalah bekas hitam yang tak kunjung hilang. Jadi gak pede kalo pake celana pendek atau kaos/baju/dress tanpa lengan... hikkkssss.

Saya sudah ke beberapa dokter specialis kulit di beberapa rumah sakit. Dan perlakuan para dokter itu pun sama. Petama kali pasti mereka tanya.... di rumah/keluarga ada yang seperti ini? saya bilang kurang tau... karena saya anak tunggal, bapak saya sudah meninggal dan ibu saya tidak mengalami hal ini. Karena menurut penjelasan para dokter tersebut, biasanya prurigo ini salah satu faktor-nya adalah genetical/keturunan. Dan prurigo tidak bisa dihilangkan, namun hanya mengurangi akibat dari prurigo tersebut.

Penderita prurigo hendaknya mendapatkan penanganan sejak dini. Disarankan untuk menghindari hal-hal yang memicu timbulnya prurigo atau kulit yang sentitif itu seperti menghindari gigitan nyamuk atau serangga, menghindari makanan yang menyebabkan alergi (merah dan gatal), dan sangat menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Pakai pakaian panjang atau yang menutupi bagian tubuh seperti tangan dan kaki, terutama saat tidur malam hari. Pokoknya gak boleh kena gatal sedikitpun!!!!! Apalagi di Indonesia ini ya.... udaranya panas, berdebu, polusi, banyak got/kali yang kotor. aaarrrgggghhhhhh ttttiiidddaaaakkkk!!!!!

Saya tanya lagi sama para dokter-nya.... ini penyakit bisa disembuhkan gak sih dok???!!! dan rata-rata mereka pun cuma nyengir dan santainya berkata..... Kalo tinggal di luar negri juga ilang.... hhhaaahhhh????!!! Ya bener juga sih logika-nya.... kebanyakan negara-negara di luar negri kan bersih-bersih ya.... yyyaaaahhh kita berdoa aja semoga suatu saat saya bisa tinggal di negera yang bersih udara-nya.

Dokter pun menyarankan untuk menjaga kelembaban kulit. Hindari kulit kering. Rajin-rajin pake lotion pelembab dan sabun mandi yang tinggi moisturizer-nya seperti Oilum dan Dove.... Lah selama ini saya pake sabun detol supaya gak gatel. Ternyata sabun anti gatal itu bikin kulit kering, sehingga rasa gatal itu semakin terasa.... dan jangan mandi air hangat karena kulit jadi makin kering.... oooooooooo begitu ya....hehehehe :D

Biasanya dokter selalu kasih resep salep racikan untuk dioles pada luka dan kulit yang gatal (biasanya terdiri dari salicyle dan teman-temannya), obat anti gatal/radang, dan alternatif-nya saya juga dikasih lotion merk Noroid untuk kulit yang super kering. Terlampir resep yang saya dapat dari Dr. Kusmarinah Bramono (Jakarta Skin Center)



Sabun oilum harga sekitaran Rp. 20.000 tersedia batangan dan cair

Noroid Lotion harganya sekitaran Rp. 145.000

Biasanya saya selalu rutin 1 tahun sekali kontrol ke dokter kulit. Selain karna obat/salep-nya juga sudah habis, biasanya juga untuk konsultasi dan sharing dengan dokternya apabila ada perkembangan di dunia kedokteran mengenai penanganan ataupun pengobatan terbaru untuk Prurigo ini.

Lanjutan.... Plurigo Part2 atau buka disini ya http://bellezuli.blogspot.co.id/2017/05/plurigo-part-2.html 

Yang minat gabung di grup WA Plurigo... japri ke saya 081315530539 (Zuli)

110 comments:

  1. sis , itu sabun sama lotionnya bener ngefek buat ilangin prurigo ? aku pengidap prurigo soalnya :( siapa tau bisa sharing :)

    ReplyDelete
  2. wah senasib ya kita.... hiks kalo buat saya lumayan mengurangi rasa gatal dan kering di kulit. Mengurangi ya.... bukan menghilangkan atau menyembuhkan secara total.... coba aja dulu karna tiap kulit kan beda-beda kondisinya jadi beda juga hasilnya.

    ReplyDelete
  3. oh gitu yah , susah juga ya ternyata cari obat untuk penyembuhan totalnya :(

    ReplyDelete
  4. kata dokter sih gak ada obat untuk menyembuhkan secara total.... jadi pinter-pinter kita jaga kulit deh :(

    ReplyDelete
  5. Akuu mau sembuh ni kak .. tp makasih atas postingan nya tntang prurigo

    ReplyDelete
  6. anakku jg prurigo, bolak balik ke dokter gag sembuh2. ternyata emang blm ada obatnya ya...hiks :(

    ReplyDelete
  7. sama, aku juga baru tau kena prurigo. dikasih saleb juga gak sembuh2... suka gatel tiba-tiba. khususnya bagian kaki, baru tipis lukanya gatel lagi :(

    ReplyDelete
  8. apa mesti ganti sabun itu ya?? haduh,, ini di kaki banyak banget, paha sama tangan... item2 lagi... gimana dong,, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke dokter aja kalo udah gak tahan ama gatelnya....

      Delete
  9. Terus bekas hitamnya gimana ya ngilanginya? Ada tips?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salep yang dari dokter itu mengandung pemutih/pencerah kok.... tapi untuk lebih jelas dan pastinya mendingan langsung konsul ke dokter aja.... karna kondisi kulit tiap orang kan beda-beda :D

      Delete
  10. Wah nice artikel mbak
    Ijin sharing ya..saya penderita prugrigo dari kecil skitar 3/4 tahyn, dan skrg 25 tahun.#lama kan. Dan saya baru tahu kalo skitnya itu bernama prurigo , selama ini taunya cuman "darah manis/korengan"

    Kalo dulu , jaman masih kecil , sedikit kena gigitan nyamuk, gatal sedikit langsung kambuh. Semua dokter kulit dari yang tua smpe muda sudah tak coba, obat herbal cina yang harganya selangit, brotowali, air pait2an, suntik vintamin C sudah dicoba. Sembuh ? Sembuh, tapi temporer, balik lagi kalo si penyakit mau balik.

    Jadi dokter pernah bilang, penyakit itu gak akan sembuh, dan akan jadi kulit normal, karena antibodinya yang nyerang badannya sendiri.

    Tips saya sih cuman satu, : Harus pantang dengan makanan atau pemicu penyebab terjadinya alergi, trus pola pikir itu harus diolab. Karena tingkat stress itu mempengaruhi penyakit kita muncul lagi.

    Sekarang saya sdah gak pkek2 itu salep dokter atau minum obat, kasian badan. Pakek produk alami aja. Sabun bayi, bedak bayi, pokokny yang kadar alkoholny sedikit, dan untuk makanan harus yang bersih, seger, trus jangan makan penyedap a.k.a micin, kurang2in cokelat, mie mie indomie sarimi.
    Sekarang sudah lumayan alerginya, walaupun gak kayak artis2 di iklan yang kulitny mulus. Hohoho

    Just sharing

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. wah ternyata banyak juga yg kena prurigo.. sama saya juga... makasih info sabunnya.. oya saya kalo sudah gatal banget satu-satunya obat yg ampuh dikasi dokter namanya Dextamine... tapi ya itu efek ngantuknya hebat.. jangan diminum kalo mengendarai kendaraan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajar kalau mengantuk berlebihan karena dextamine itu mirip ctm cara kerjanya.

      Delete
    2. Wajar kalau mengantuk berlebihan karena dextamine itu mirip ctm cara kerjanya.

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    4. Wah byk jg yaa.. sy kena prurigo dr bulan oktober 2015. Udh gede y bru kena. Deuhh.... bekaass y emg bkin ga pede, jdi males klw renang. Sy sih pake sabun yg bayi, trus pake sabun ppaya jg, sma shinzui scrub jg. Alhmdllh kaki y mendingan tuh item y berkurang. Tersamarkn.
      Klw gatel pling mnum dextamine sm diksih slep dr doktr.
      Emg bener klw prurigo pola makan y jg hrus dijaga, jgn makan yg amis2 gtu. Telor, ikn laut, dll.
      Skrg gtel y klw digigit nyamuk.. lgsung dah bekas y ada..
      Thx

      Delete
    5. welcome to the club guuyysss :D

      Delete
  13. Makasih mbak udah sharing, sangat bermanfaat sekali, iya sama dokter ku juga bilang gtu, persis yang mbak tulis di artikel ini, apalagi kita wanita ya, paling gk enak banget ;(

    Btw skrng gmna kondisinya mbak, sdh mulus kah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulus dikit, tapi ntar nongol lagi... gitu aja terus.... huhuhuhu *sebel :D

      Delete
  14. halo mbak,,,saya juga sama mbak ,,,bagusnya kita kedokterkulit apakedokter dalam

    ReplyDelete
  15. Thanks for sharing sist yak,, semoga kita semua cepet sembuh total :D

    ReplyDelete
  16. Mbak saya juga kena prurigo...jadi ga PD kemana-mana😢...buat nyamarin bekas lukanya apa ya yang efektif?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lagi ada acara yang harus pake baju/rok mini atau tanpa lengan, saya pake Coverderm Perfect Legs... ini foundation khusus untuk tubuh, beli di sogo/metro, cukup lah menyamarkan/nutupin bekas-bekas hitam yang menyebalkan itu :D

      Delete
    2. Mba foto keadaan kulitnya dong prurigonya separah apa? Btw beli coverderm perfect legsnya di sogo/metro di sebelah mananya? Ada counternya kah?

      Delete
    3. aduuhhh malu cyyynnn... hahahaha ada yang bilang kayak kesiram minyak panas, ada yang bilang kayak kena cacar... yaahhh pokoknya koreng-koreng gitu lah.... oh iya coverderm udah gak ada di Sogo/Metro tapi saya search di google masih ada yang jual online nya. Kalo gak ada merk Coverderm bisa juga merk Dermacool.

      Delete
  17. kalau dokter yang biasa saya kunjungin nyuruh kurangin makanan manis mbak, kmren smpat menerapkan gaya hidup sehat alhamdulillah jauh berkurang,, tp smnjak back to doyan makan sembarang, kambuh lg

    ReplyDelete
  18. Prurigo oh prurigo bkin g pd az,diobatin tdr ech slah mkn bngun lgi dia....aq bru az nglaminya cpe kluar msuk jumpa dokter...akhirny aq jg pola mknn q msti g ilng tuntas stdkny g gatal2 sich..sdih bngitz kulit g semulus dlu

    ReplyDelete
  19. Prurigo oh prurigo bkin g pd az,diobatin tdr ech slah mkn bngun lgi dia....aq bru az nglaminya cpe kluar msuk jumpa dokter...akhirny aq jg pola mknn q msti g ilng tuntas stdkny g gatal2 sich..sdih bngitz kulit g semulus dlu

    ReplyDelete
  20. Mba dri dokter ga disuruh suntik ya? Trus tau ga recomend dokter kulit yg bagus dimna? Karna ya juga prurigo nih. Gatelnya ga tahan jadi bnyak flake2 hitam yg bikin risih n luka2nya jd ilfil sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya biasanya di Jakarta Skin Centre Radio Dalam Jakarta Selatan

      Delete
  21. Saya baru denger malah prorigo. Tapi lucu ya dokternya, bilang kalau mau sembuh suruh ke luar negeri, saya fikir ke sana buat berobat ternyata bukan hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. negara di benua eropa dan amerika kan biasanya lembab, jadi ngaruh di kulit kita juga mbak....

      Delete
  22. Mba uli, kalo saya save resepnya terus bawa ke apotik kira2 bakal diterima ga ya?
    Nebus obatnya habis berapa mba kira2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... aku gak tau say... coba aja sih... kali-kali bisa.... untuk salep-nya sekitar 200ribuan deh kalo gak salah.... :D

      Delete
  23. Diagnosis Pruritus / Prurigo (darah manis)

    Diagnosis pruritus dilakukan untuk mengetahui apakah penyebab gatal adalah akibat dari gangguan kulit atau merupakan gejala dari penyakit lain. Pemeriksaan yang mungkin dilakukan dapat berupa mengecek riwayat kesehatan pasien, tes fisik, dan rangkaian tes laboratorium, seperti:

    - Tes fungsi kelenjar tiroid untuk mengetahui level tiroid.
    - Tes fungsi ginjal dan elektrolit.
    - Tes darah untuk mengetahui kadar gula, zat besi, sel darah merah, dan sel darah putih dan sel darah putih eosinofil, dan di dalam darah. Rangkaian tes yang dilakukan adalah tes darah lengkap, laju endap darah, dan tes kadar serum ferritin.
    - Tes gula darah puasa, dilakukan untuk mengetahui kadar glukosa setelah puasa semalaman.
    - Tes fungsi hati.
    - Tes kadar fosfat, alkaline fosfatase atau enzim pada tulang dan hati, dan kalsium.

    Pengobatan Pruritus

    Tindakan pengobatan pruritus diambil berdasarkan hasil tes dan diagnosis dokter. Jika gatal yang dialami pasien merupakan gejala penyakit lain, maka perawatan yang dilakukan akan mengacu pada penanganan penyakit tersebut.

    Beberapa rekomendasi perawatan juga dapat diterapkan untuk mengurangi gejala pruritus, baik yang disebabkan oleh penyakit sistemik maupun gangguan lain, seperti:

    - Pengobatan menggunakan krim kortikosteroid, antihistamin oral, obat penghambat calcineurin, dan antidepresan mungkin diresepkan untuk mengurangi rasa gatal dan reaksi alergi yang mengganggu.
    - Fototerapi dapat dilakukan untuk mengurangi kegatalan yang mengganggu dengan menggunakan paparan sinar ultra violet dan gelombang suara tertentu.

    Beberapa pengobatan juga tersedia dalam bentuk losion sehingga akan lebih nyaman digunakan pada bagian tubuh tertentu. Pasien tidak disarankan untuk berkendara atau mengoperasikan mesin berat karena beberapa obat minum dapat menimbulkan rasa kantuk. Untuk meringankan gejala, lakukan beberapa hal yang dijelaskan pada bagian pencegahan.

    Konsultasi Kulit dan Kelamin
    dr Eddy Karta SpKK
    Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat.

    Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas penjelasannya.... Edmo Clinic berminat kasih free trial pengobatan Plurigo buat saya? boleh loh dengan senang hati bisa hubungi saya di 081315530539 hehehehe :D

      Delete
  24. makasih informasi serta resepnya. baru iseng juga nulis tentang sakit kulit di lingkungan asrama

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama say... semoga sharing-nya bermanfaat :D

      Delete
  25. Kemarin sempet ke dokter kulit, katanya gak ngaruh sama gula
    Aku cerita aku diet gula makan nasi tapi minumnya air putih. Terus kayak gitu selama satu bulan malah gula ku aku cek malah kurang. Kata dokter bukan masalah gula tapi masalah hipersensitivitas kulitnya. Terus dikasih resep obat oral kapsul, salep sama crema menyamarkan bekas noda. Efeknya buat gatel memang udah gak terasa kalau konsumsi obatnya. Tapi bekasnya masih item item banyak hiks. Kalau seumpama gak ngilang ya mau ganti spkk yang mau ngasih cream whitening hahaha. Ada rekomendasi cream buat ngilangin flek hitam nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betulll.... plurigo itu tidak ada hubungannya dengan penyakit gula/diabetes. plurigo itu penyakit kulit yang super sensitive, jadi gak cuma hati/perasaan aja yang bisa sensitif ya cyyynnnn hahahaha. Kalo saya, di Jakarta Skin Centre Radio Dalam Jakarta, salep oles-nya bisa kok menghilangkan bekas item-item nya, coba kalo konsultasikan lagi ke dokter kulit-nya deh.

      Delete
  26. kadang minder,diliatin cewe2 , tmen2 cowo2 ,dikira penderita prurigo jorok orangnya .padahal kulit penderita prurigo di gigt nyamuk aja udah nyelekit bget pengenya di garuk terus ampe lecet2.
    ya Allah. semoga mereka mengerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha.... sabar mas... situ laki kan... nah sini cewek bray.... malunya double :D

      Delete
  27. aku juga penderita prurigo :( gak pede bgt kaki penuh sama bekas hitamnya gitu , jadi gak pede buat pake celana pendek , trs kalo dijakarta skin center perawatannya kaya gmn ya ka? soalnya aku gatau samsek :(

    ReplyDelete
  28. Hai Puspa... welcome to the club.

    Kalo di Jakarta Skin Care Radio Dalam, yang pasti kamu diperiksa seperti biasa aja ama dokter nya. Dilihat kondisi kulitnya. Gue pernah tuh.... pas ada luka yang bandel gak sembuh-sembuh sampe di suntik 2 macam cairan... gue lupa suntikan apa aja, kalo gak salah... salah satunya anti radang.

    Selebihnya sih paling obat minum anti gatal & salep racikan. Tambahannya biasanya sabun dan body lotion aja sih.

    Yang sabar ya menghadapi Plurigo... kommitment tuh sullliiittt banget. Kayak orang pacaran aja ya hahahaha....
    Kadang lagi rajin perawatan ya kulit bisa bersih, kalo lagi males ya kumat lagi korengnya.... haaadddeeeuuuhhh wkwkwkwk :D

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salepnya dari dokter Jakarta Skin Care Radio Dalam Jakarta. saya biasa control setahun sekali kok.... belum pernah beli tanpa resep karna itu racikan sepertinya.... coba konsultasikan di dokter kulit yang biasa kamu datangi deh... gak jauh beda deh kayaknya kalo salep untuk plurigo mah.... :D

      Delete
    2. perawatan disana untuk prurigo ngabisin uang brp kak waktu itu?

      Delete
  30. Kak, ngilangin bekas2 nya gimana ya kak, bekasku ini sudah lama banget, tapi masih nggak hilang, padahal udah di kasih salep, dll, sampe ke dokter beraoa kali nggak hilang juga, apalagi aku kan cewek jadi ga pede kalau oake celana pendek, kalau ada orang2 pasti tanya 'kulitnya kenapa?' kan kesell banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo terpaksa harus pake rok/celana pendek atau baju tanpa lengan... biasanya saya olesin foundation yang buat badan... yang biasa saya pake merk 'Coverderm - Perfect Legs' beli di Sogo Dept Store.

      Delete
    2. Makasih banyak ya kak infonya 😊

      Delete
    3. Makasih banyak ya kak infonya 😊

      Delete
  31. terima kasih banyak infonya ya mbak, saya jadi tau kalau pengidap prurigo itu banyak juga di indonesia. kemarin baru aja prurigo saya kambuh lagi, padahal cuma 2 malem tidur di rumah orang tua. gatal-gatal di sekujur lengan, perut punggung, bentol-bentolnya ada 15 biji lebih masih gatal, ada yang masih merah ada juga yang udah jadi kehitaman, jadi luka semua karena saya garuk *ga tahan gatalnya*. tapi kondisi ini masih jauh lebih mendingan dari pada sewaktu SD dulu (sekarang saya sudah 26 tahun). jadi kesimpulannya memang nggak bisa sembuh yah penyakit bawaan ini, hehehe, kita harus pintar jaga makanan dan kebersihan tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah gak kuat ama gatalnya.... terutama pas musim panas kan banyak banget nyamuk tuh.... segera ke dokter kulit... paling tidak sama dokternya dikasih salep racikan & obat minum.

      Delete
  32. Prurigo akan berhenti dgn sendirinya,DL waktu kcil Kali Dan tgn suka koreng ampe umur 12 tahun klas2 SMP baru berhenti tu koreng membandel
    Untukk menyamarkan bekasnya aku pakai lotion setiap pagi Dan sebelum tidur.

    ReplyDelete
  33. Prurigo akan berhenti dgn sendirinya,DL waktu kcil Kali Dan tgn suka koreng ampe umur 12 tahun klas2 SMP baru berhenti tu koreng membandel
    Untukk menyamarkan bekasnya aku pakai lotion setiap pagi Dan sebelum tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beruntung sekali kalo kamu bisa bebas dari plurigo.... namun sayangnya masih banyak teman-teman yang lain termasuk saya yang masih harus 'struggle' menghadapi Plurigo.... terima kasih atas komen-nya :D

      Delete
  34. Saya ada penyakit yg kurang lebih gejalanya seperti plurigo. Umur saya 27th. Saya baru terkena penyakit ini. Awalnya dari gigitan nyamuk,bentol saya garuk lecet, jd membekas, trus tiba2 jd banyak nyerembet. Apa itu bisa di sebut plurigo jg atau gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek ke dokter aja say.... saya bukan dokter jadi gak bisa kasih komentar kalo belum ada konfirmasi dari dokter. Semoga cepat bisa diatasi ya.... salam :D

      Delete
  35. Wah sama kak aku juga kena penyakit prurigo itu hiks, pake sendal jepit aja kadang suka ga pede :( aku sempat ke dokter kulit dua kali dan terakhir dia nawarin buat dermabrasi buat ngehilangin bekas2 prurigo yg item2 gitu, tapi sampe sekarang aku belum nanya lebih lanjut sih ttg dermabrasi itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh sharing-sharing pengalaman nya disini say :D

      Delete
  36. Aku juga kena prurigo dari SMA, dan sampai sekarang belum bisa bebas. hiks..
    Btw, gimana kalau buat grup/komunitas sesama prurigo di fb atau wa. Siapa tau bisa saling sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... usul yang bagus... kita buat grup WA ya.... Ayu WA ke saya dong... 081315530539 thanks

      Delete
  37. Boleh gabung di grup WA ya kak.
    Saya sedang gencar-gencarnya kena prurigo. Baru sebulan lebih. Tapi gatalnya gak nahan..😣😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. add WA saya ya.... 081315530539

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. boleh dong.... add WA saya ya... :D

      Delete
    5. Ini wa saya mba 089652474965 saya jga kena penyakit priorigo

      Delete
  38. anak saya baru sebulan yang lalu mengalami prurigo sdh di bawa ke dok tapi tak kunjung sembuh, sampai akhirnya saya melihat Jelly Gamat BTW aku ga jualan or agen penjual ya buat yang mau beli bisa beli sendiri di apotek, cuma it's work for my son bentuknya jelly rasanya ga pahit tapi juga ga manis, jelly gamat ini di ambil dari tripang atau cucumber sea yg mengadung colagen sampai 80% jadi bagus untuk kulit dan benar ini ngaruh buat anak saya lukanya berangsur kering tapi juga tetep saya kasih salep untuk mempercepat penyembuhan, jadi temen2 yang mengalami hal yang sama dengan anak saya bisa dicoba aja ya insha allah cocok karena ini herbal

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas info nya...

      Delete
    2. Maaf jelly gamatnya yg merk apa ya ? Anak saya sdh 3 bln ini kena prurigo sampe bolak balik ke dokter g sembuh2...

      Delete
    3. Hai mba.. aku jg coba jelly gamat, cuma untuk ngeringin luka nya cepet, tapi gatalnya ga ilang jg...
      Gmn dgn anak mba? Apa msh sering gatal?

      Delete
  39. Salepnya buat anak aman gk mba??anak sy jg kena prurigo ditangan dan kaki, bekas hitamnya susah hilang, ksian,

    ReplyDelete
  40. Ah baca2 disini ternyata banyak juga yg senasib yaa :'( aku jg pengidap prurigo, awalnya gak parah tapi semenjak 1-2 tahun terakhir sampai skrg kaki aku bukan macem kaki cewe :( sedih tiap liat kaki yg sebelah kiri (gatau knp cuma yg sebelah kiri aja). Celana pendek jd di museum kan, pake dress males banget rasanya kalo terpaksa ya pakein fondesyen krim n timpa lagi pake stocking :( suka sedih n iri aja liat cewe2 yg kakinya mulus luar biasa hikss

    ReplyDelete
  41. baru nemu blog ini kirain aku aja yang menderita. btw prurigo sama ama korengan ga si :( sedihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. prurigo atau darah manis atau korengan... sama lah :D
      add wa aku 081315530539, kalo minat join di grup WA. thanks

      Delete
  42. Mba zuli, aq mau ikut grup ya, tadi baru ke dokter, lagi kambuh parah penyakit ini, butuh tips n trick dari teman teman senasib purigo

    ReplyDelete
    Replies
    1. add WA saya.... 081315530539

      Delete
    2. Makasih sharenya saya dah lama juga dikaki berulang2 kedocter kambuh lagi dan sekarang malah gak ilang2 ni

      Delete
  43. ya ampun akhirnya nemu yg senasib. dikira cm aq doang yg bgini..
    btw, klo dilaser gt ilang gk ya bekas lukanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dilaser pasti hilang.... cuma masalahnya... setelah bekas luka lama hilang di laser, nanti akan datang bekas luka baru... berarti laser lagi??!! kalo duitnya gak ada seri-nya ya silahkan aja hehehehe :D

      Delete
  44. Mau dong gabung di grup wa nya, invite ya 081293390140

    ReplyDelete
  45. Mao donk gbung d grub invite y 089624621190

    ReplyDelete
  46. Aq udah 5 th ini menderita prurigo tdk hanya dikaki bahkan diseluruh tubuh masih untung mukaku tidak hanya berasa gatal saja kl kulit muka, alhamdulillah nemu group ini bisa sharing, aq sampe bosan kluar masuk konsul priksa dokter kulit yg jelas2 mahal utk cream nya yg hanya tahan 2 bln, aq harus priksa lagi utk dpt resep yg sama,kl lagi ga ada uang terpaksa aq diemin alhasil gatel2ku makin parah lecet sebadan dan hitam2 ya allah aq sampe stress sedih banget krn jika obatny berhenti alhasil gatal2ny jg psti muncul,aq capek dg ini penyakit.sprtiny prorigoku tdk bisa disembuhkan aq hrs nyisihin uang sekitar 350 rb utk 2bln sekali krn resep dari dokter cuma cukup utk 2bln

    ReplyDelete
  47. Aq udah 5 th ini menderita prurigo tdk hanya dikaki bahkan diseluruh tubuh masih untung mukaku tidak hanya berasa gatal saja kl kulit muka, alhamdulillah nemu group ini bisa sharing, aq sampe bosan kluar masuk konsul priksa dokter kulit yg jelas2 mahal utk cream nya yg hanya tahan 2 bln, aq harus priksa lagi utk dpt resep yg sama,kl lagi ga ada uang terpaksa aq diemin alhasil gatel2ku makin parah lecet sebadan dan hitam2 ya allah aq sampe stress sedih banget krn jika obatny berhenti alhasil gatal2ny jg psti muncul,aq capek dg ini penyakit.sprtiny prorigoku tdk bisa disembuhkan aq hrs nyisihin uang sekitar 350 rb utk 2bln sekali krn resep dari dokter cuma cukup utk 2bln

    ReplyDelete
  48. Aq udah 5 th ini menderita prurigo tdk hanya dikaki bahkan diseluruh tubuh masih untung mukaku tidak hanya berasa gatal saja kl kulit muka, alhamdulillah nemu group ini bisa sharing, aq sampe bosan kluar masuk konsul priksa dokter kulit yg jelas2 mahal utk cream nya yg hanya tahan 2 bln, aq harus priksa lagi utk dpt resep yg sama,kl lagi ga ada uang terpaksa aq diemin alhasil gatel2ku makin parah lecet sebadan dan hitam2 ya allah aq sampe stress sedih banget krn jika obatny berhenti alhasil gatal2ny jg psti muncul,aq capek dg ini penyakit.sprtiny prorigoku tdk bisa disembuhkan aq hrs nyisihin uang sekitar 350 rb utk 2bln sekali krn resep dari dokter cuma cukup utk 2bln

    ReplyDelete
  49. Wah, ternyta bnyk jg yg menderita prurigo ya.. termasuk saya yg sedari kecil sampe skrg umur 25 thn :( krn memang ad turun dr ibu.. ad tips ga kira" perawatanny gmn dan makanan" yg hrs dihindari apa aj? Secara aku orgny doyan bgt makan.. hahaha, salam.

    ReplyDelete
  50. Sy sdh 44 thn kena prurigo jg gk sembuh2 . Invite digroup y WA 082143221970

    ReplyDelete
  51. Kak aku kan punya prurigo ni tp ngilangin bekasnya harus gimana ya?gaenak bgtt ga nyaman kadang suka minder SM mereka yg bebas pake baju apapun itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rutin kontrol ke dokter kulit ya... ayo semangat.

      Delete
  52. Masih adakah grup nya,senasib nihhhh

    ReplyDelete
  53. Hi sis..
    Anak saya (4 thn) kebetulan kena prurigo jg,
    Jd klo kumat gatal nya susah bgt dikendalikan ,sampe2 kuLitnya ngelupas gegara digarukin.
    Malam rewel terus ga bisa tidur, udah sering ke dokter, kambuh lg kambuh lg.
    Apa ada yg samaan kayak anak saya??

    ReplyDelete
  54. Ketemu juga group senasib kita

    ReplyDelete
  55. Assalamualaikum,, aku baca2 eh ternyata banyak juga yang senasib sama aku, aku jg udah 24th ini kena prurigo, kadang sembuh kira2 1-2thnan nanti kumat lagi, dan bekasnya itu loh bikin aku minder banget, aku prurigo nya cuma dibagian kaki doang, dari tangan kebawah Alhamdulillah enggak.. ini saran aja gaes dari aku, kalo misal lagi kambuh nih gatel2nya aku biasanya pake minyak zaitun,buat apa? Karena dia kan bikin kulit kita jadi lembab banget tuh alhasil mau digaruk sekenceng apapun gak bakal bikin kulit lecet, ya paling cuma bentol2(gapapalah ya daripada bikin lecet, terus bikin bekas luka jadinya) aku biasanya nerapin itu, terus yg bekas item2 nya aku sering banget beli penghilang bekas luka, udah beberapa tahun ini aku ga pernah berhenti make, mulai dari pdoduk a, b, c pokonya gimana caranya supaya bekas2 ini menghilang, Alhamdulillah dgn berjalannya waktu sudah agak memudar bekas2 nya walopun yaa kalian pasti tau lah kalo lagi kumat suka muncul lagi luka baru... Wassalam dari saya

    ReplyDelete
  56. kak kalau masih ada grup wa nya minta tlng invite ya kak 082373383004

    ReplyDelete
  57. Pengen juga di invit grup wa nya dong kak

    ReplyDelete
  58. Masih ada ga grup w.a nya kak, saya mau gabung juga dong, saya juga penderita prurigo ☹️

    ReplyDelete
  59. Di aku ada grup nya nih wa aja ya 088223457349 nanti aku masukin kok, soalnya bnyak juga disana yang masuk, juga ngasih semangat

    ReplyDelete

Wajik Hias Bunga Pandan

Motif baru ya gaess... Untuk pemesanan area Jakarta, silahkan hubungi WA/Call 081315530539