Thursday, December 28, 2017

Makananan Yang Sebaiknya Tidak Disertakan Dalam Rangkaian Seserahan Lamaran & Pernikahan

Dalam mempersiapkan acara lamaran dan pernikahan,biasanya baik calon pegantin atau pun keluarga akan sangat bergembira, bersemangat dan antusias. Dan mempersiapkan serta berburu perlengkapan rangkaian seserahan merupakan hal yang lumayan susah-susah gampang.

Saat pelaksanaan lamaran dan pernikahan (akad nikah), biasanya memakan waktu setengah hari atau sekitar kurang lebih 6 jam. Seluruh keluarga datang membawa rangkaian seserahan. Isi seserahan, selain berbagai macam kebutuhan pribadi seperti peralatan sholat, peralatan mandi dan make up, serta bahan pakaian, pastinya akan disertakan berbagai macam panganan/makanan, baik makanan modern atau tradisional.

Nah.... terdapat beberapa makanan yang sebaiknya tidak digunakan atau disertakan dalam rangkaian seserahan, antara lain;

1. Pudding
Karakter pudding adalah cairan. Sangat rentan terhadap suhu ruang. Kegiatan lamaran atau akad nikah yang cukup lama, akan membuat pudding mencair. Apalagi jika kegiatan tersebut dilaksanakan di luar ruangan atau out door.







2. Cake tart dengan topping butter cream
Sama seperti Pudding, cake tart dengan topping butter cream juga sangat rentan terhadap suhu ruang. Siap-siap aja meleleh hehehehe. Jika memang mau membawa cake tart, gunakan topping icing sugar atau fondant.








3. Kue basah yang mengandung bahan baku santan
Biasanya untuk pernikahan tradisional, ada kue tampah yang akan disertakan. Kue-kue itu pastinya tidak dibuat dadakan. Sehari sebelumnya sudah proses pembuatan. Jika ada salah satu kue yang menggunakan bahan baku santan dan buah pasti akan cepat basi, contohnya fruit pie.  Untuk itu pilihlah kue-kue basah yang bisa tahan lama, misalnya kroket, macaroni schotel, pie buah, bolu jadul atau bronis, onde-one, bika ambon, dan beberapa lainnya. Coba diskusikan dulu dengan tukang kue-nya karna dia pasti lebih tau karakter kue mana yang tidak cepat basi.



4. Buah yang cepat busuk atau berbau menyengat
Parcel buah biasanya diikutsertakan dalam rangkaian seserahan. Pilih buah yang tidak cepat busuk atau pilih yang masih agak muda karna parcel buah biasanya di bungkus plastik dan cepat berembun. Untuk mengantisipasinya, buat 2-3 lubang kecil di plastiknya dengan korek api atau rokok. Disundut kalo istilah bahasa jawanya.
Buah yang baunya menyengat juga tidak disarankan seperti durian & nangka.


No comments:

Post a Comment

Wajik Hias Bunga Pandan

Motif baru ya gaess... Untuk pemesanan area Jakarta, silahkan hubungi WA/Call 081315530539