Monday, June 10, 2013

Yoga dan segala manfaatnya


Beberapa bulan belakangan ini, saya lumayan aktif mengikuti kelas yoga.... yah walaupun 1 minggu cuma 2 x latihan dan sekitar 1 jam tiap latihannya di pagi hari. Paling tidak saya cukup rajin dan gak pernah bolos kecuali kalo lagi haid atau ada kegiatan penting di pagi hari.

Awalnya ikut yoga, awal tahun 2013, pas teman saya menemukan sebuah salon khusus wanita dan studio (jadi.... dibawah-nya salon di lantai atasnya studio senam). Ada beberapa kelas yang ditawarkan seperti Yoga, Belly Dance dan Body Language. Namanya RnD Salon & Studio yang berlokasi di Pejaten Jakarta Selatan. Biaya-nya pun sangat murah diantara studio yoga yang ada disekitar Jakarta Selatan. Pengajar-nya pun bersertifikat nasional dan internasional.

Awalnya memang saya iseng-iseng doang, plus pas awal-awal saya banyak kegiatan pagi hari, jadi banyak bolosnya. Tapi saat mulai rutin ikut kelas yoga, beberapa manfaat mulai saya rasakan antara lain sakit kepala saya hilang, lebih tenang, lebih fokus & konsen.  Dalam sharing dengan guru Yoga, tehnik pernapasan dalam yoga dan berbagai macam postur yoga juga dapat digunakan sebagai therapy untuk beberapa penyakit, seperti jantung, diabetes, kolestrol, maag dan juga sebagai media detox tubuh serta anti aging.... Wah mendengar kata 'Anti Aging' tuh buat saya sesuatu bangets ya... hahahaha.

Sejarah dan latar belakang  Yoga
Noted dari awal ya.... saya tidak melakukan penelitian resmi loh.... hanya baca-baca dan search di internet dapat saya simpulkan sebagai berikut:
Yoga adalah sebuah olah raga seni pernafasan yang berasal dari India Hindu yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Berawal dari sebuah meditasi bagi para pendeta Hindu yang pada perkembangannya mulai digunakan sebagai media olah tubuh dan pengobatan oleh masyarakat. Dan mulai dikembangakan oleh orang-orang di belahan bumi lainnya seperti Eropa dan Amerika. Banyak sekali macam yoga, Bikram Yoga, Vinyana Yoga,  Hatha Yoga dll. (sumber Wikipedia Inggris/Yoga http://en.wikipedia.org/wiki/Yoga )

Beberapa tahun yang lalu... yang namanya Yoga tuh mahal dan masih sulit dicari. Rata-rata gurunya didatangkan dari luar negri yang notabene harus dibayar dengan dollar. Tapi sekarang....udah banyak kok guru-guru Yoga dari Indonesia yang otomatis biaya-nya juga lebih murah karna pake rupiah. Di Bali, yang notabene penduduk-nya beragama Hindu, merupakan pusat Yoga terbesar di Indonesia. Contohnya di Ubud, tiap beberapa ratus meter sudah menjamur deh studio Yoga-nya. Dan tiap tahun-nya Bali Spirit Yoga Festival diselenggarakan sebagai festival yoga terbesar di Indonesia.

Beberapa pose Yoga yang menurut saya cantik untuk di foto (teteup ya... foto)
Seated Twist Pose.... salah satu pose yg berfungsi sbg detox tubuh

Dancing Pose
Tree Pose

Wah.... masih banyak pose-pose dalam Yoga yang bukan hanya keren saat di foto, tapi juga bermanfaat untuk tubuh.... Yuk kita ber-Yoga.... Namaste 

3 comments:

  1. Mba masih ikut yoga di tempat R n D itu???boleh tw kisaran biayanya trs patokannya klo mw naik angkot 36 dr pejaten bisa ga???thx

    ReplyDelete
  2. eh sobatku kembangkan latihan yoga biar tetap cantik dan awet muda

    ReplyDelete
  3. Nice blog and absolutely outstanding. You can do something much better but i still say this perfect.Keep trying for the best. yoga clothes

    ReplyDelete

Wajik Hias Bunga Pandan

Motif baru ya gaess... Untuk pemesanan area Jakarta, silahkan hubungi WA/Call 081315530539