Friday, June 21, 2013

Tentara dan Persit.....

"Bu H sudah mau ceraian...." kata emak
"Oooo.... kenapa?" kataku sambil cuek makan bakwan jagung
"Suami-nya pacaran lagi katanya.... galak...." sambung emak
"Ooooo" aku no comment.
Yah.... emang sih udah cerita lama kalau tetangga saya itu kehidupan rumahtangga-nya bermasalah.... and finally they got divorce soon.
Tapi.... Melihat prilaku sang istri selama ini, saya rasa wajar dan udah ketebak kok.... Sang istri di komplek kami terkenal judes dan sombong. Gak akur dengan tetangga kanan-kiri rumahnya. Kebetulan rumah saya agak jauh, cuma 1 Rt aja, tapi sering denger cerita dari para tetangga yang lain. Bahkan sang istri-pun gak akur dengan mertua-nya yang masih 1 komplek.... ckckckckck.
Sang istri selalu membanggakan diri-nya sebagai istri tentara Corp PM, apalagi kalo lagi berantem sama orang luar komplek seperti di kelurahan.... "Kamu tau gak... suami saya tuh PM.... biar ditembak kamu sama suami saya.... bla bla bla..." dan masih banyak kelakuan-kelakuan yang gak pantes lainnya deh.

Ya.... kelakuan-kelakuan yang gak pantas dilakukan sebagai seorang istri tentara, seorang anggota Persit.
Ah... sotoy ya saya ini.... seperti yang tau aja tentang Persit aja.... :D
Yah... memang saya bukan Persit, bahkan menikah pun belum.... cuma kebetulan aja saya lahir dan besar di lingkungan militer karena kebetulan alm. bapak saya seorang prajurit di kesatuan Polisi Militer.
Jadi secara otodidak saya cukup mengerti tentang dunia kemiliteran.... dari keluarga, tetangga, dan teman-teman saya yang akhirnya menikah juga dengan tentara.

Mungkin diluaran sana banyak orang.... terutama cewek-cewek yang tergila-gila dengan sosok seorang tentara. Lengkap dengan seragam dan baret-nya..... amatlah gagah ya.... apalagi dengan suara-nya yang lantang dan tegas plus rayuan gombal dengan panggilan sayang 'dek' ke cewek inceran.... beeuhhhh bikin cewek-cewek klepek-klepek deh. :D

Finally setelah menikah...... eng ing eng.... JEBAKAN BETMEN!!!!!

Sedikit yang bisa saya share tentang kehidupan tentara dan keluarganya....
- Untuk menjadi seorang tentara itu gak gampang. Gak ada jaminan lu punya duit banyak, lu punya keluarga  tentara atau bawaan jendral juga.... belum tentu bisa jadi tentara.  Semua itu tak lebih dari niat pribadi dan takdir Tuhan. Banyak yang masuk tentara karena sogokan uang.... tapi ada juga yang murni karna kemampuannya.... tapi lihatlah hasil akhirnya..... yang hasil sogokan berakhir di jeruji besi KPK.... yang bersih ya karir-nya lancar jaya walaupun hidup sederhana.
- Saat di pendidikan dan di kesatuan..... banyak kok yang meninggal saat latihan menembak karna terkena peluru nyasar. And it's true!!! Seorang teman bapak saya meninggal saat temannya yg lain sedang membersihkan senjata/pistol saat sedang istrirahat di kamar lupa menutup pematik senjata-nya. Dan DORRR!!!  sebutir peluru terhempas mengenai kepala temannya..... selesai sudah.
Banyak juga kok karir seorang tentara terhenti hanya karena hal-hal sepele.... masih inget kejadian seorang wanita muda yang dibunuh pacar tentara-nya karena hamil dan minta pertanggungjawaban akhirnya sang tentara masuk sel+dipecat.... atau kasus cebongan yang mengatasnamakan jiwa korsa yang menurut saya kebablasan. Belum lagi kasus tawuran antar korps dan hal-hal sepele lain yang sebenernya gak ada hubungan dengan karir militer-nya. 
- Jadi tentara itu berat..... latihan saban hari ampe hitem keling namun disatu sisi Tentara itu kebanggaan keluarga.... kebanggaan orang tua. Saat masih lajang, seorang tentara akan sangat dimanja oleh orangtuanya.... and it's true!!! karena dianggap mengangkat derajat keluarga, apalagi wong ndeso.... wah berasa raja kecil deh.
- Tentara itu digilai wanita.... and it's true. Sejelek apapun muka-nya, serendah-rendahnya pangkat. Bahkan banyak orang yang bergaya + ngaku-ngaku tentara untuk nipu wanita atau nipu orang lain kan. Karena itu banyak tentara yang terlena.... Tentara playboy.... udah pasti. Yang paling pendiem-pun kalo dia tentara pasti gebetannya paling dikit 3 cewek.... betul kan????!!!!
Namun disayangkan karena banyak-nya pilihan wanita gebetan berujung banyak sekali tentara yang akhirnya salah pilih istri. Kenapa kok bisa salah pilih istri? begini penjelasannya.....
Pada saat masih pacaran.... pacaran dengan tentara itu merupakan sebuah kebanggaan tersendiri apalagi untuk cewek-cewek yang tidak memiliki latarbelakang keluarga tentara. And it's true.... Boleh sombong deh rasanya kalo bisa nikah ama tentara. Akhirnya berujung ya seperti tetangga saya itu....

Padahal saat mereka mau menikah kan sudah menghadap komandan dan istri-nya.... sudah ditatar sedemikian rupa.... tapi nyata-nya banyak sekali istri-istri tentara yang kaget dengan kehidupan kemiliteran.

Menjadi istri tentara adalah pengabdian pada negara.... bukannya gegayaan dan sombong-sombongan bisa petantang petenteng kepada orang-orang umum. Ini sering sekali terjadi terutama dari istri tentara yang orang desa atau bukan dari latarbelakang keluarga tentara. Karena niat awalnya udah salah.... akhirnya setiap kegiatan dibawa capek, dibawa bete... semuanya dibawa kesel.... akhirnya gak nyaman dengan hidupnya cari pelarian diluar deh.  Ini yang bahaya.... apalagi secara ya... jadi istri tentara itu kan ditinggal-tinggal terus.... pulang ke rumah abis capek-capek latihan malah diomelin istri-nya.... akhirnya berantem... 
Ibu saya sering sedih liat tetangga-tetangga baru yang masih muda-muda.... pada brantem suami-istri.... katanya ibu saya (padahal gak punya anak laki-laki yang jadi tentara).... tentara itu kebanggaan orang tua.... liat anaknya dimaki-maki istri-nya itu rasanya seperti dicabik-cabik hatinya....
Jadi ya... buat para tentara yang masih lajang.... pakai akal yang rasional saat mencari istri..... jangan cuma cantik, jangan cuma dari keluarga kaya.... pilih yang punya otak, dan ngerti posisi-nya sebagai anggota PERSIT.










No comments:

Post a Comment

Wajik Hias Bunga Pandan

Motif baru ya gaess... Untuk pemesanan area Jakarta, silahkan hubungi WA/Call 081315530539