Monday, June 3, 2013

Dari Hobi Jadi Bisnis

Hari minggu 2 Juni 2013 bertempat di IFRA JCC Jakarta (pameran franchise) saya ikut mendaftarkan diri di Talk Show yang diselenggarakan oleh Majalah Sekar dan menghadirkan nara sumber Aidil Akbar seorang Financial Planner & pengusaha muda.

Banyak tips-tips, do & don't serta sharing ilmu dan pengalaman yang bermanfaat untuk para pebisnis pemula. So.... beberapa point telah saya rangkum sebagai berikut;

1. Hobi yang akan dijadikan bisnis hendaknya tidak merugi.
Jangan beranggapan (misal) gak papa deh lukisan saya ini dijual murah meriah, yang penting saya tetap bisa melukis. Tetap harus diperhitungkan modal yang dikeluarkan dan tetapkan untung/fee walau sekecil apapun.

2. Pastikan memiliki mental bisnis saat memulai usaha.
Bisnis itu tak bisa diprediksi, kadang untung besar sering pula rugi habis-habisan. Jika kita bisa menerima keuntungan dalam bisnis, kita pun harus legowo menerima kerugian dalam bisnis. Jangan sekali rugi, sekali dapat 'complain' dari customer terus langsung 'down'. Belum lagi kalo kena di tipu partner bisnis atau customer.... harus kuat mentalnya ya....

3. Siapkan waktu untuk usaha dan bisnis... terutama di awal bisnis.
Bisnis itu bukanlah sebuah investasi dimana kita tanam modal lalu kita tinggalkan/biarkan tiba-tiba beberapa bulan/tahun sudah berbunga besar. Sebuah bisnis sekecil apapun perlu di 'maintain' dan 'control' secara periodik dan bertahap terutama di awal bisnis, kita akan menemui 'trial & error' hingga didapatkan formula sistem dan sesuai dengan bisnis kita.

4. Promosi....
Mempromosikan dan mengiklankan bisnis tidak harus mahal.... terutama untuk bisnis pemula. Gunakan media promosi yang murah bahkan gratis. Maksimalkan penggunaan media internet via social media seperti Facebook , Twitter, Blog, serta Free Website sebagai salah satu media promosi. Pelajari penggunaan 'Search Engine' sehingga saat calon customer mudah mencari.

5. Gagal adalah hal yang biasa dalam sebuah bisnis.
Faktanya.... 8 dari 10 bisnis/usaha biasanya gagal dalam 1 tahun pertama. 9 dari 10 bisnis/usaha mengalami kegagalan dalam 5 tahun pertama. 

6. Siapkan sistem yang baik untuk sebuah bisnis
Setiap bisnis/usaha memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga formula sistem yang digunakan pun akan berbeda-beda. Tetap lakukan 'trial & error' untuk mendapatkan sistem yang cocok untuk bisnis kita.

7. 5 F dalam memulai usaha.... Fun Felling Faith Future & Fulus....

8. T S M
Use other people Time
Use other people Skills
Use other people Money

Beberapa kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh pebisnis antara lain;
1. Terlalu fokus pada produk tanpa berfikir pada pasar
2. Takut memulai dan nekad memulai
3. Tidak menggaji diri sendiri.

Semoga rangkuman ini bisa menambah wawasan anda.... dan tetap semangat untuk memulai usaha dari hobi anda.... Have fun with your hobby and business :D




No comments:

Post a Comment

Wajik Hias Bunga Pandan

Motif baru ya gaess... Untuk pemesanan area Jakarta, silahkan hubungi WA/Call 081315530539