Monday, October 22, 2018

Kue tampah jajan pasar

Kue tampah jajan pasar pesanan Ibu Rukiyah di Jakarta Barat. Pesanan kedua ini, tak tanggung-tanggung, beliau memesan 3 tampah ukuran besar untuk acara pernikahan kerabat tercinta. 
Terima kasih Ibu... atas kepercayaannya kepada kami. Semoga lancar acaranya. Dan sehat selalu ya bu... Salam

Kue tampah jajan pasar merupakan salah satu tradisi akar budaya masyarakat suku jawa pada ummunya.
Namun sekarang ini, masyarakat nasional Indonesia juga sudah biasa menikmatinya.

Jadi cerita-nya dahulu kala itu ya.... apabila ada hajatan besar atau hajatan kecil yang mengundang kerabat dan keluarga, biasanya membuat kue basah atau membeli jajan pasar yang disajikan dalam tampah. Iya tampah.... lah jaman dulu kan belum ada piring, jadi pake tampah biar bisa muat banyak deh. Terus dihias pake daun pisang.

Waktu agama Islam belum masuk ditanah jawa. Masyarakat masih mengikuti ajaran kepercayaan yang menyembah dewa-dewa. Jadi itu kue tampah awalnya justru sebagai sesajen yang berisi 7 rupa makanan. Namun dalam perkembangan jaman, mulailah berbagai macam perubahan dan pengembangan yang disesuaikan dengan modernisasi jaman dan kehidupan. Isi kue dalam tampah jadi lebih beragam dan lebih diperkecil. Tujuannya selain untuk estetika (biar cantik dilihatnya) juga memudahkan dalam menyantapkan karna dibuat lebih kecil jadi semacam finger food... yang tinggal sekali lep.... masuk mulut deh. Gak bikin kotor tangan dengan bekas nya. Kalo kue-kue basah ukuran standar kan bisa 2-3 kali gigitan, biasanya orang-orang malu tuh kalo ngunyah berkali-kali, takut dibilang rakus, padahal emang laper. Akhirnya baru 1-2 kali gigit udah dibuang, apalagi kalo pas kebetulan diajak ngobrol orang lain yang dianggap sepuh/senior/dihormati. Trus... buat yang cewek-cewek biasanya takut lipstiknya ilang.... haaadddeeeuuuhhh mubajir kebuang-buang deh tuh makanan.
Nah kalo yang ukuran kecil/mini kan gak perlu digigit, jadi tinggal lep... sekali comot masuk mulut semua.... hehehehe :D





Harga Rp. 250.000 isi kurleb 100 - 120 pcs + ongkir Rp. 50.000
Untuk Pemesanan silahkan hubungi Zuli 081315530539 (Jakarta area only)
Kue tampah jajan pasar
#foodblogger #seserahan #pernikahan #kuetampah #kuetampahjakarta #jajanpasar #jajanpasarjakarta   #makanantradisionalindonesia #indonesia #lifestyleblogger

No comments:

Post a Comment

Wajik Hias Bunga Pandan

Motif baru ya gaess... Untuk pemesanan area Jakarta, silahkan hubungi WA/Call 081315530539