Apa saja yang harus diperhatikan apabila kita ingin menerapkan sistem membership bagi customer kita,
sehingga mereka bisa merasakan betul apa beda benefit antara member dan non-member.
Setidaknya ada 3P yang tidak boleh dilewatkan :
1. Process, pastikan proses layanan untuk pelanggan member jauh lebih cepat ketimbang
mereka yang non-member.
2. Physical Evidence, pastikan bukti fisik berupa ruangan, alat atau fasilitas lainnya cukup berbeda
antara pelanggan member dan non-member.
3. People, pastikan staff frontliners yang melayani pelanggan member jauh lebih berpengalaman
dan service nya lebih baik ketimbang mereka yang melayani non-member.
Apabila kita bisa melakukan kombinasi yang baik antara ketiga P tersebut, maka saya percaya
konversi terjadi semakin cepat, dari pelanggan yang semula non-member menjadi pelanggan yang
akhirnya mau membeli sistem membership kita, dan ini tentu saja nambah omset bisnis,
serta cashflow kita dapatkan di depan.
No comments:
Post a Comment